Sejarah Becak Di Indonesia

Posted on
Sejarah Becak di Indonesia – Pernah naik becak? Yang namanya becak tentunya sangat familiar di Indonesia. Hampir di setiap kota terdapat alat transportasi ini. Namun tahukah anda sejarah becak hingga ada di Indonesia? Istilah becak berasal dari dialek Hokkian: “be chia” yang artinya kereta kuda.
Merupakan sebuah alat transportasi roda tiga dimana lumrah didapatkan di tanah air kita maupun di beberapa wilayah Asia. Daya tampung normal becak ialah 2 orang penumpang dan seorang pengayuh becak.
Untuk di Indonesia sendiri terdapat dua macam becak yang umum dioperasikan yaitu :
1. Becak yang memiliki pengemudi di sebelah belakang. Model itu seringnya terdapat di wilayah pulau Jawa.
2. Becak yang memiliki pengemudi di sebelah samping. Model itu umumnya didapatkan di wilayah Sumatra. Pada becak model ini sanggup dipisahkan lagi menjadi dua model yakni: Becak kayuh yaitu becak dimana memanfaatkan sepeda menjadi kemudi dan Becak bermotor yaitu becak dimana memanfaatkan sepeda motor menjadi pelopor utamanya.
 Yang namanya becak tentunya sangat familiar di Indonesia Sejarah Becak di Indonesia
Alat transportasi becak yakni sarana angkutan ramah lingkungan alasannya tak menjadikan polusi udara (selain becak bermotor pastinya). Di samping itu, becak tak menjadikan kebisingan sekaligus sanggup dipakai menjadi obyek wisata untuk turis luar negeri.
Biarpun demikian, kemunculan transportasi becak di perkotaan sanggup menghambat arus kemudian lintas gara-gara kecepatannya yang terbatas jika dibanding dengan kendaraan beroda empat ataupun sepeda motor. Di samping itu, ada anggapan bahwa becak tak lezat dipandang, boleh jadi alasannya modelnya yang tak begitu modern.
Saat ini satu kota di tanah air kita ini yang secara legal melarang eksistensi becak yaitu Jakarta. Becak haram di Ibu Kota kurang lebih selesai tahun 1980an. Sebabnya diantaranya ketika itu becak dianggap sebagai eksploitasi insan pada insan lain.
Penerusnya ialah bajaj, ojek serta Kancil. Di samping di Indonesia, becak pun tetap sanggup didapatkan di wilayah lainnya semisal di Singapura, Malaysia, Vietnam maupun Kuba. Di wilayah negara tetangga Singapura, becak ketika ini sekadar menjadi alat transportasi wisata saja.
Guna menambah kehandalan becak serta mendorong pemakaian kendaraan tak bermotor pada sejumlah negara maju diciptakan becak dimana menggunakan gigi transmisi sebagaimana dimanfaatkan di sepeda modern dengan begitu sanggup melalui tanjakan secara mudah, model dirancang aerodinamis plus pengemudinya terdapat di depan kabin penumpang.

Baca Juga :   Sejarah Korek Api Dimulai Bangsa Tiongkok

Baca juga: Alat transportasi kuno dan modern

Demikian sekilas sejarah becak di Indonesia, biar menjadi catatan sejarah nasional.