Sejarah Inovasi Listrik Oleh Michael Faraday

Posted on
Sejarah penemuan Listrik oleh Michael Faraday – Di zaman modern rasanya listrik sudah menjadi kebutuhan primer. Betapa tidak, mulai dari memasak hingga produksi barang semuanya membutuhkan energi listrik. Tetapi, tahukan anda bagaimana sejarah pertama kali listrik ditemukan sehingga hingga kini bisa dimanfaatkan oleh seluruh umat insan di dunia ini? Berikut ulasan sejarah listrik.
Pernahkah anda mendengar Michael Faraday yakni seorang cendekiawan Inggris? Dialah yang Bapak Listrik. Maka dari itu listrik tidak bisa dipisahkan seorang Michael Faraday, sebab dengan jasanyalah listrik menjadi sebuah teknologi yang multifungsi. . 
Kisah awal Farady dikala usaianya beranjak 20 tahun. Pada suatu waktu Faraday muda menghadiri simposium yang dimentori oleh para ilmuwan Inggris papan atas. salah satunya yakni seorang pakar kimia dan kepala laboratorium Royal Institution, berjulukan Sir Humphry Davy.
Sejarah penemuan Listrik oleh Michael Faraday Sejarah penemuan Listrik oleh Michael Faraday
Sepanjang ceramah, Michael Faraday membuat catatan pribadi dan kemudian disalinnya lagi secara rapi segala hal yang didengar waktu itu. Diwaktu selanjutnya, dokumen catatan yang ia buat tersebut di kirim kepada Humphry Davy yang disertai lamaran pekerkerja. Secara tak terduga Humphry Davy tertarik kepada Faraday, sehingga tak ayal Faraday diangkat menjadi pembantunya di sebuah Laboratorium Universitas terkemuka di London. Ketika itu Farady gres menginjak usia 21 tahun.
Setelah beberapa waktu, berkat kode Davy Farady mengatakan perkembangan yang pesat. Walnya sederhana, ia hanya menjadi seorang pembersih botol di laborat. Karena keuletannya dan ketekunannya mempelajari ilmu, tanpa membutuhkan waktu yang usang Faraday sudah bisa menemukan hal-hal gres dari inovasinya sendiri. Penemuan awal Farady contohnya penemuan 2 senyawa clorocarbon dan sukses mencairkan gas klorin serta sejumlah gas lain.
Karena kepiawaiannya tersebut Farady bisa berinteraksi pribadi dengan para ilmuwan ternama, salah satunya yakni Farady. Berkat keahliannya juga ia menerima kesempatan keliling Eropa dengan Davy. Dari situlah ia semakin menyebarkan ilmunya.
Berbagai penemuan Farady tak lepas dari bimbingan Humphry Davy. Berbagai penemuan Farady yang sangat bermanfaat yakni listrik yang ditemukan pada tahun 1821. Pada waktu sebelumnya Hans Christian Oersted melihat jarum kompas bisa bergeser jikalau listrik dialirkan sebuah kawat yang jaraknya tak berjauhan.
Karena penemuan itu, Farady bisa menyimpulkan bahwa jikalau jarum kompas magnet diketatkan maka yang bergerak justru kawatnya. Dari perkiraan tersebutlah Farady sukses membuat sebuah denah niscaya bahwa kawat akan selalu berotasi berdekatan dengan sebuah magnet selama kawat dialiri arus listrik.
Dari uraian sejarah ini, sebetulnya Farady inilah yang telah membuat motor listrik pertama kali di dunia. Sebuah teknologi yang memanfaatkan aris listrik untuk menyebabkan sebuah benda bisa bergerak. Meskipun hanya sederhana, namun penemuan Michael Faraday merupakan nenek moyang dari seluruh penemuan motor listrik yang diaplikasikan dizaman modern ini.
Ilmuwan Michael Faraday menjadi seorang belajar sendiri yang populer di seluruh dunia sebab penemuan listriknya di tahun 1821. Dari hasil riset dan penemuannya menyebabkan pembuka jalan bagi penelitian listrik selanjutnya.

Baca Juga :   Sejarah dan Perkembangan Yahoo!

Baca juga: Kisah penemuan Radioaktivitas oleh Marie Curie

Demikian Sejarah Listrik Dan Penemuan Michael Faraday, biar menjadi catatan sejarah teknologi dunia.