Sejarah Parfum Semenjak Zaman Mesir Kuno

Posted on
Sejarah Parfum Sejak Zaman Mesir Kuno – Sejarah parfum sanggup ditelusuri sejak ribuan tahun silam. Istilah parfum bersumber dari kata Latin per fume yang pengertiannya melewati asap. Satu diantara manfaat parfum tertua yakni berbentuk pembakaran dupa maupun herbal aromatik yang difungsikan pada ritual agama, acapkali sebagai aromatik gums, kemenyan maupun mur, dihasilkan dari pohon.
Wilayah Mesir merupakan yang awal awal menyertakan parfum dalam budaya mereka yang selanjutnya ditiru oleh China kuno, Hindi, Israel, Arab, Yunani, Carthaginians dan Romawi. Pemakaian pertama botol parfum ialah di Mesir kurang lebih 1000 SM. Mesir membuat gelas maupun botol parfum merupakan satu diantara pemanfaatan umum kali pertama pada kaca.
 Sejarah parfum sanggup ditelusuri sejak ribuan tahun silam Sejarah Parfum Sejak Zaman Mesir Kuno
Di era sembilan, penulis Arab berjulukan Al Kindi, mencatatkan istilah parfum di bukunya Book of the Chemistry of Perfume and Destilations. Pada buku tersebut dimasukkan juga ratusan resep dalam menghasilkan minyak wangi, salep, maupun air yang memiliki aroma harum ditambah obat-obatan. Buku itu pun mencatat mengenai 107 teknik memproduksi parfum, akan tetapi pada buku tersebut belum mencatat ekstrak bunga sebagai penambah wangi.
Baru ketika dokter dan pakar kimia dari Persia, ibnu Sina bereksperimen mencoba bunga mawar yang ditambah minyak, herbal maupun daun bunga membuat parfum yang tak lazim. Semenjak itulah berawal dikembangkan menambah ekstrak bunga pada parfum. Eropa serta Hungaria lah kali pertama yang membuat di era 14, lewat menambahkan alk*ohol supaya abadi wanginya. Ketika itu parfum ini digunakan Ratu Elizabeth dari Hungaria.
Di era 16 Rene le Florentin yang berkewarganegaraan Italia membangun kamar belakang layar guna merahasiakan resep pembuatan parfum. Akan tetapi tak tahu bagaimana, secara cepat cara produksi parfum kian tersebar ke seantero Eropa. Lambat laun Eropa tumbuh sebagai pusat pembuatan parfum. Di samping keharumannya yang semakin bervariasi, kemasan parfum juga ikut berkembang. Dari yang sekadar memanfaatkan tabung hingga botol manis yang memiliki bermacam model menyerupai ketika ini.
Sesudah Perang Dunia kesatu, prajurit Amerika membawa parfum ke negaranya. Dengan cepat parfum populer di wilayah itu, tidak sedikit perusahaan yang mendirikan pabrik parfum. Sampai sekarang, sekalipun kian banyak perusahaan parfum, akan tetapi resep pembuatannya masih tidak diketahui masyarakat awam.

Baca Juga :   Pengertian Internet Untuk Orang Awam

Baca juga: Sejarah inovasi DDT oleh Paul Hermann Muller

Demikian Sejarah Parfum Sejak Zaman Mesir Kuno, supaya menimbulkan embel-embel pengetahuan.