Dasar Negara Republik Indonesia Lengkap Sejarahnya

Posted on
Dasar negara yakni Pancasila. Panca berarti lima dan sila berarti asas. Penggali falsafah Pancasila yakni Ir. Soekarno. Rumusan duduk kasus dasar negara Indonesia ini muncul pertama kali sewaktu dilaksanakannya sidang pertama Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persíapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 29 Mei 1945 – 1 Juni 1945.
Tokoh-tokoh Nasional Indonesia yang memaparkan Asas Dasar Negara Republik Indonesia yakni sebagai berikut:
1. Mr. Muhammad Yamin,
2. Prof. Dr. Soepomo, dan
3. Ir. Soekarno.
Sewaktu masa reses atau istirahat selama sebulan, dibentuklah Panitia Sembilan yang diketuai Ir. Soekarno yang berhasil menghasilkan rumusan yang menggambarkan asas dan tujuan pembentukan negara Indonesia merdeka yang lalu ditandatangani pada tanggal 22 Juni 1945.
Oleh Mr. Muhammad Yamin, hasil rumusan Panitia Sembilan tersebut dinamakan Piagam Jakarta atau Jakarta Charter. Namun demikian masih terdapat satu ganjalan di dalam suara salah satu asas dalam falsafah negara menurut Piagam Jakarta tersebut. Sila pertama itu berbunyi: Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.
Beberapa pihak merasa keberatan dengan suara sila tersebut. Akhirnya, atas saran dan pendapat 4 tokoh Islam Indonesia. yaitu K.H. Wachid Hasyim. Kasman Singodimejo, Teuku Mohammad Hassan, dan Ki Bagus Hadikusumo, suara sila pertama itu berubah menjadi: Ketuhanan Yang Maha Esa.
 Panca berarti lima dan sila berarti asas Dasar Negara Republik Indonesia Lengkap Sejarahnya
Teks Pancasila yang alhasil disetujui seluruh komponen anak bangsa Indonesia, menyerupai yang tertulis pada alinea ke-4 UUD 1945, adalah:
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat budi dalam permusyawaratan dan perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Baca Juga :   Lambang Negara Republik Indonesia Lengkap Artinya

Referensi lain mengenai dasar negara Indonesia, silahkan baca : Perjalanan sejarah lahirnya Pancasila

Selanjutnya baca juga: Lambang Negara Republik Indonesia lengkap penjelasannya