Lambang Nanggroe Aceh Darussalam Lengkap Artinya

Posted on
Lambang Nanggroe Aceh Darussalam diambil dari kopiah Aceh berbentuk segi lima. Pada lambang tersebut juga terdapat beberapa si,bol dan warna yang mempunyai makna mendalam bagi masyarakat Provinsi Aceh.
Arti Lambang Provinsi Aceh
Bentuk lambang segi lima tersebut mengisyaratkan falsafah hidup rakyat dan Pemerintah Provinsi Aceh. Falsafah hidup rakyat dan pemerintah Aceh itu disebut Pancasila. Pancasila yang dimaksud mencakup hal-hal sebagai berikut:
  1. Cinta keadilan.
  2. Cinta keadilan dilambangkan dengan gambar dacin.
  3. Cinta kemakmuran, dilambangkan dengan gambar padi, lada, kapas, dan cerobong. Padi melambangkan materi pangan pokok, lada melambangkan kekayaan utama Aceh pada masa lampau, kapas melambangkan materi sandang utama, cerobong melambangkan industrialisasi.
  4. Cinta kerukunan, dilambangkan dengan gambar kubah masjid.
  5. Cinta kesejahteraan, dilambangkan dengan gambar kitab dan kalam. Kitab dan kalam tersebut melambangkan kesejahteraan yang menjadi idaman dan tujuan kita hendaklah berlandaskan ilmu pengetahuan.
 diambil dari kopiah Aceh berbentuk segi lima Lambang Nanggroe Aceh Darussalam Lengkap Artinya
Lambang Nanggroe Aceh Darussalam Lengkap Artinya
Adapun warna-warna pada lambang tersebut mengandung makna sebagai berikut:
  1. Warna dasar putih bermakna kemurnian.
  2. Warna kuning bermakna kejayaan.
  3. Warna hijau bermakna kesejahteraan dan kemakmuran.
Baca Juga :   7 Arti Lambang Sulawesi Selatan

Selain mempunyai lambang daerah, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam juga mempunyai maskot atau identitas daerah. Maskot atau identitas tempat tersebut berupa jenis tanaman dan fauna. Maskot tanaman berupa bunga jeumpa atau lebih dikenal bunga cempaka. Bagi masyarakat Aceh, bunga tersebut mempunyai nilai estetika, sehingga jikalau ditanam di pekarangan rumah. Tanaman bunga ini juga mempunyai nilai ekonomi.
Sementara itu, maskot faunanya berupa burung cempala kuneng atau burung murai kuning, atau murai emas. Di Provinsi Aceh, jenis burung ini telah dikenal semenjak lama, bahkan semenjak zaman Sultan Iskandar Muda. Namun, keberadaannya terancam punah. Adapun alasan pemilihan burung ini sebagai maskot tempat supaya tidak punah.

Di mana letak Provinsi Aceh? Silahkan baca : Peta Aceh Lengkap dengan nama Kabupaten dan Kota

Demikian Lambang Nanggroe Aceh Darussalam Lengkap Artinya, semoga menjadi warta yang bermanfaat.

Baca juga: