Lambang Provinsi Riau Lengkap Artinya

Posted on
Lambang Provinsi Riau berbentuk perisaí dan terbagí atas empat bab yang berupa gambar atau simbol. Setiap bab mempunyai arti dan makna yang sangat mendalam bagi masyarakat Provinsi Riau. Berikut ini arti dan makna keempat bab lambang Provinsi Riau.
1. Rantai berjumlah 45 buah yang melingkari seluruh lambang. Mata rantai tak terputus ini melambangkan persatuan bangsa dan tahun Proklamasi Republik Indonesia yaítu tahun 1945.
2. Padi dan kapas berjumlah 17 dan 8. Padi dan kapas íni melambangkan kemakmuran dan mengingatkan pada tanggal proklamasi RI yaitu tanggal 17 bulan 8 (Agustus).
3. Lancang kuning (perahu layar) dengan taut yang bergelombang lima. Lancang kuning mengandung arti kebesaran rakyat Provinsi Riau, sedangkan sogok Lancang berkepala ikan melambangkan bahwa Riau menghasilkan banyak ikan dan mempunyai sumber-sumber penghidupan dari laut. Gelombang lima lapis melambangkan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia.

 atas empat bab yang berupa gambar atau simbol Lambang Provinsi Riau Lengkap Artinya

Keris berhulu kepala burung serindit. Keris ini melambangkan kepahlawanan rakyat Riau menurut pada akal dan kebenaran. Pada lambang tersebut terdapat goresan pena RIAU berwarna merah.
Selain warna merah, lambang Provinsi Riau juga memakai warna-warna lain, yaitu hijau, kuning, putih, dan sedikit warna hitam. Tiap-tiap warna itu mempunyai arti dan makna yang berbeda pula.
 atas empat bab yang berupa gambar atau simbol Lambang Provinsi Riau Lengkap Artinya

Sebagai identitas daerah, Provinsi Riau menentukan tanaman nibung (Oncosperma tigillarium) dan burung serindit (Loriculus galgulus) sebagai maskot kawasan Provinsi Riau. Keduanya dipilih untuk mewakili Provinsi Riau alasannya ialah mempunyai kedekatan tersendiri dengan masyarakat Riau.

Baca Juga :   5 Arti Lambang Sumatra Barat
 atas empat bab yang berupa gambar atau simbol Lambang Provinsi Riau Lengkap Artinya

Baca juga :

Tanaman nibung mempunyai nilai manfaat yang tinggi bagi kehidupan masyarakat Riau, sedangkan untuk burung serindit lekat dengan mitos dan tradisi masyarakat tradisional Provinsi Riau.