Letak Geografis Provinsi Riau Lengkap Peta

Posted on
Secara geografis Provinsi Riau yang beribu kota di Pekanbaru ini terletak pada posisi 02°25′ LU-01°15° LS dan 100°03′-104°00′ BT. Wilayahnya cukup luas dan berada di bab tengah Pulau Sumatra. Provinsi Riau berbatasan pribadi dengan Provinsi Sumatra Utara dan Selat Malaka di sebelah utara.
Bersama dengan Provinsi Kepulauan Riau, Selat Malaka masih meniadi pembatas alami di bab timur. Batas provinsi bab selatan berupa wilayah Provinsi Jambi dan Sumatra Barat. Sementara itu, batas sebelah barat yakni Provinsi Sumatra Barat dan Sumatra Utara.

Secara umum wilayah Provinsi Riau berupa hamparan pegunungan, dataran rendah, dan kepulauan. Daerah pegunungan terhampar di bab barat, yaitu Pegunungan Bukit Barisan. Semakin ke timur kontur tanahnya semakin menurun berupa dataran rendah. Di lepas pantai bab timur bertebaran pulau-pulau, baik besar maupun kecil.

 Secara geografis Provinsi Riau yang beribu kota di Pekanbaru ini terletak pada posisi  Letak Geografis Provinsi Riau Lengkap Peta

Dari peta di atas mungkin kurang jelas, silahkan anda lihat peta Riau dalam resolusi tinggi di : Peta Riau lengkap dengan nama kabupaten dan kota

Dengan demikan apabila dilihat dari atas, wilayah Provinsi Riau diapit oleh dua kenampakan alam yang sangat kontradiktif, yaitu Pegunungan Bukit Barisan dan perairan Selat Malaka. Posisi yang demikian ini tentu sangat mensugesti kondisi iklim dan cuaca setempat.

Baca Juga :   Letak Geografis Provinsi Sumatra Utara

Secara umum Provinsi Riau beriklim tropis berair yang dipengaruhi dua musim, yaitu isu terkini penghujan dan isu terkini kemarau. Curah hujan rata- rata yang diterima wilayah Provinsi Riau antara 2.000 – 3.000 mm/ tahun dengan rata-rata hujan per tahun sebanyak 160 hari. Daerah yang paling banyak mendapatkan hujan yaitu Kabupaten Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru. Sementara itu, tempat yang paling sedikit mendapatkan hujan yakni Kabupaten Siak.

Suhu udara rata-rata Provinsi Riau sebesar 25,9°C dengan suhu maksimun mencapai 34,4°C dan suhu minimum mencapai 20,1° C. Suhu tertinggi terjadi pada wilayah perkotaan di pesisir pantai. Sebaliknya, suhu terendah mencakup wilayah gunung dan pegunungan yang tinggi. Kelembapan udara rata-rata sanggup mencapai angka 75%. Sedikit berbeda untuk wilayah kepulauan di wilayah bab timur dipengaruhi juga sifat-sifat iklim laut.
Sebelum dimekarkan.menjadi Provinsi Kepulauan Riau tahun 2002, Provinsi Riau memiliki wilayah seluas 329.867,61 km2 yang terdiri atas 235.306 km2 lautan dan 94.561,61 km2 daratan. Setelah pemekaran luas itu berkurang menjadi 107.932,71 km2 yang mencakup 18.782,56 km2 iautan dan 89.150,15 km2 daratan. Kabupaten lndragiri Hilir dengan luas 13.798,37 km2 merupakan tempat manajemen terluas, sedangkan Kota Pekanbaru dengan luas 633,00 kmz menjadi tempat manajemen terkecil.
Secara administratif Provinsi Riau juga mengalami perubahan. Sebelum, pemekaran, tempat manajemen Provinsi Riau berjumlah enam belas. Sekarang sehabis enam tahun pemekaran provinsi, Provinsi Riau memiliki 12 tempat manajemen yang terdiri atas 10 kabupaten, 2 kota, 141 kecamatan, dan 1.517 desa/kelurahan.
Perhatikan Tabel Data Wilayah Provinsi Riau Tahun 2007 di bawah ini:

 Secara geografis Provinsi Riau yang beribu kota di Pekanbaru ini terletak pada posisi  Letak Geografis Provinsi Riau Lengkap Peta
Sumber: Riau Dalam Angka 2007
1. Data diolah dari Riau Dalam Angka 2007 (Riau In Figure 2007) dan UU Nomor 12 Tahun 2009 wacana Pembentukan Kabupaten Kepualauan Meranti.
2. Pemekaran ddari Kabupaten Bengkalis

Demikian Letak Geografis Provinsi Riau Lengkap Peta, agar menjadi info yang bermanfaat.

Baca Juga :   Letak Geografis Dki Jakarta

Baca juga: Pakaian adab Riau dan Senjata Tradisional Riau