Sejarah Indonesia Zaman Kerajaan Dari Tahun 400 Hingga Tahun 700

Posted on
Tahun 400, Munculnya kerajaan Kutai yang bercorak Hindu di tepi sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Raja-raja yang memerintah di antaranya adalah:

1. Kudungga, selaku raja pertama,
2. Asmawarman
3. Mulawarman, raja terbesar dalam kerajaan Kutai.

Selengkapnya mengenai sejarah kerajaan ini, silahkan baca: Tentang Kerajaan Kutai dan 3 rajanya

Tahun 450, Munculnya kerajaan Tarumanegara yang bercorak Hindu di Jawa Barat. Raja yang memerintah kerajaan Tarumanegara ialah Purnawarman. Selengkapnya mengenai sejarah kerajaan ini, silahkan baca : Tentang Kerajaan Tarumanegara

Tahun 600, Para pedagang dari Sriwijaya tiba ke Papua (Irian Jaya). Mereka mengaku bahwa Papua (Irian Jaya) merupakan potongan wilayah kerajaan Sriwijaya.

Tahlm 674, Kerajaan Kaling (Kalinga atau Holing) didirikan di Jawa Tengah. Kerajaan Kaling yang bercorak Hindu tersebut diperintah oleh Ratu Sima. Ratu Sima menghendaki segenap rakyat yang dipimpinnya menjadi masyarakat yang jujur. Pendeta yang ternama dari Kerajaan Kaling ialah Jhanabhadra.

Kilas sejarah mengenai kerajaan ini silahkan baca: Perkembangan Hindu Buddha di Kerajaan Ho ling atau Kaling

Tahun 692, Munculnya kerajaan Melayu di Sumatra, hampir bersamaan dengan munculnya Kerajaan Sriwijaya. Raja-raja yang memerintah tidak diketahui nama- namanya. Pada tahun 692 Kerajaan Melayu dikuasai oleh Kerajaan Sriwijaya.

Sekitar Tahun 700, Munculnya Kerajaan Sriwijaya bangun di Sumatra yang bercorak Buddha. Raja-raja yang tercatat memerintah adaIah:

  1. Sri Jayanaga
  2. Balaputradewa
  3. Sri Sangrawijayatunggawarman

Guru agama yang populer dari Kerajaan Sriwijaya ialah Sakyakirti. Kerajaan Sriwijaya bisa menundukkan dan menguasai Kerajaan Melayu namun lalu runtuh lantaran banyak sekali sebab, di antaranya:

  1. Serangan dari Raja Colamandala dari India,
  2. Serangan dari Raja Kertanegara dari Kerajaan Singasari.
Selengkapnya mengenai sejarah kerajaan ini, silahkan baca : Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Baca Juga :   Mengapa Kerajaan Sriwijaya Disebut Kerajaan Maritim?
Sekitar Tahun 700, Zaman keluarga raja-raja atau wangsa Syailendra yang memerintah Kerajaan Mataram Hindu di Jawa Tengah. Kerajaan Mataram bercorak Hindu. didirikan di Jawa Tengah dengan ibukota kerajaan di Medang Kamulan. Keberadaan Kerajaan Mataram diketahui menurut prasasti yang ditemukan di desa Canggal, sebelah barat daya Magelang. Prasasti Canggal berangka tahun 732.

 Munculnya kerajaan Kutai yang bercorak Hindu di tepi sungai Mahakam Sejarah Indonesia Zaman Kerajaan dari Tahun 400 hingga Tahun 700

Raja-raja yang tercatat memerintah Kerajaan Mataram Hindu adalah:

  1. Sanna
  2. Sanjaya, yang bergelar Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya
  3. Rakai Panangkaran, yang bergelar Syailendra Sri Maharaja Dyah Pancapana Rakai Panangkaran.
Kerajaan Mataram Hindu disebut juga Mataram Kuno, selengkapnya silahkan baca Sejarah Kerajaan Maram Kuno