Sekilas Perihal Soekarno (18 Agustus 1945 – 12 Maret 1967)

Posted on
Kepala Pemerintahan Negara Republik Indonesia yakni Presiden. Presiden dibantu oleh Wapres dan para Menteri yang duduk dalam kabinet. Presiden pertama kali Negara Indonesia yakni Ir. Soekarno.
Soekarno dilahirkan di Blitar, Jawa fimur, pada tanggal 6 Juni 1901. Ayahnya berjulukan Raden Sukemi Sosrodiharjo yang masih terhitung aristokrat keturunan Sultan Kediri dan ibunya bemama Ida Ayu Nyoman Rai terhitung aristokrat Bali yang merupakan keponakan Raja Singaraja terakhir.
 Kepala Pemerintahan Negara Republik Indonesia yakni Presiden Sekilas Tentang Soekarno (18 Agustus 1945 - 12 Maret 1967)
Ir Soekarno presiden Indonesia pertama
Soekarno menempuh pendidikan dasar di kota Tulungagung, lalu melanjutkan pendidikannya di Europeesche Lagere School (ELS) Mojokerto. Hoogere Burger School (HBS) Surabaya, dan seterusnya ke Technische Hoge School, sekarang Institut Teknologi Bandung (ITB) – di Bandung sampai tamat dan menyandang gelar Ingeniur atau Insinyur.
Debut politik pertamanya yakni ikut mendirikan Algemeene Studie Club di Bandung. Klub diskusi tersebut lalu menjelma Partai Nasional Indonesia (PNI) yang bangkit di Bandung pada tanggal 4 Juli 1927. Soekarno terpilih menjadi ketua PNI. Karena acara politiknya dianggap membahayakan pemerintah kolonial Belanda,
Soekarno dipenjarakan dan juga diasingkan ke beberapa tempat, di antaranya Soekarno pemah dipenjarakan di penjara Sukamiskin, Bandung, dan juga diasingkan ke Endeh, Flores. Puncak karier politik Sukarno terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945 dikala ia bersama Drs. Mohammad Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.
Sehari kemudian, 18 Agustus 1945, Soekarno dilantik menjadi Presiden. Karier politik Presiden Soekarno mulai menembus level internasional. Setelah berhasil menyatukan segenap komponen bangsa Indonesia, ia berusaha menghimpun bangsa-bangsa Asia, Afrika, dan Amerika Latin dalam Konferensi Asia-Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada tahun 1955. Konferensi Asia-Afrika sekarang berkembang menjadi Gerakan Non Blok.
Setelah pemberontakan G30S/PKI yang dilancarkan pada tanggal 30 September 1965 gagal. lebih banyak didominasi rakyat Indonesia menghendaki dibubarkannya Partai Komunis Indonesia (PKI). Presiden Soekarno tidak memenuhi tuntutan tersebut. Pamor Presiden Soekarn pun meredup dan mencuatlah nama Pangkostrad (Panglima Komando Strategi Angkatan Darat) Mayor Jenderal Soeharto. Lewat Supersemar (Surat Perintah Sebelas Maret), Soekarno alhasil menyerahkan kekuasaan kepada Soeharto pada tanggal 11 Maret 1966.
Baca juga:
Baca Juga :   Tentang Muhammad Jusuf Kalla (2004 2009)

Soekarno wafat di Jakarta pada tanggal 21 Juni 1970. Jenazahnya dimakamkan di Blitar, Jawa Timur.