Sekilas Wacana Megawati Soekarnoputri

Posted on
Megawati Soekarnoputri (23 Juli 2001 – 2004) – Nama lengkapnya Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri. Dilahirkan di Yogyakarta pada tanggal 23 Januari 1947. la putri presiden pertama Republik Indonesia. Soekarno. Ibunya berjulukan Fatmawati.
Megawati menempuh pendidikan SD (1959), Sekolah Menengah Pertama (1962), dan Sekolah Menengan Atas (1965) di Perguruan Cikini. Jakarta. Ia melanjutkan pendidikan tingginya di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran Bandung meski tidak hingga tamat (1965 – 1967). Tiga tahun kemudian ia bersekolah di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, namun juga tidak tamat (1970 – 1972).
 Nama lengkapnya Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri Sekilas Tentang Megawati Soekarnoputri
Sejak masih menjadi mahasiswa, Megawati telah aktif berpolitik dalam wadah Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) cabang Bandung. Megawati terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) PDI di Jakarta pada tanggal 22 Desember 1993.
Awal 1999, PDI berubah nama menjadi PDI Perjuangan untuk membedakan PDI pimpinan Soerjadi. Melalui pemilihan umum yang demokratis pada pertengahan tahun 1999, PDI Perjuangan memenangkan pemilu dengan perolehan 154 kursi. Meski menjadi partai pemenang pemilu, Megawati tidak lantas menjadi presiden. Poros Tengah yang dipelopori Amien Rais berhasil mendudukkan K.H. Abdurrahman Wahid menjadi presiden. Megawati menjabat wakil presiden pada tanggal 21 Oktober 1999.
Megawati tampil menjadi presiden ke-5 Republik Indonesia pada tanggal 23 Juli 2001 sesudah K.H. Abdurrahman Wahid menolak memperlihatkan pertanggungjawaban di depan Sidang spesial MPR. Hamzah Haz menjadi wakil presiden melalui pemilihan secara demokratis. Megawati menjadi presiden hingga berakhir masa jabatannya dengan dilangsungkannya pemilihan umum legislatif pada tanggal 5 April 2004.

Baca Juga :   Tentang Drs. Moh. Hatta Wakil Presiden Indonesia Pertama

Selengkapnya mengenai pemerintahannya, silahkan kunjungi: Masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri