Tentang Drs. Moh. Hatta Wakil Presiden Indonesia Pertama

Posted on
Drs. Moh. Hatta (1945 – 1956) dilahirkan di Aur Tajungkang Mandianin, Bukittinggi, Sumatera Barat, pada tanggal 12 Agustus 1902. la bersekolah di Hollandsche Inlandsche School (HIS) Bukittinggi, kemudian di MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs), dan Sekolah Dagang Menengah (Prins Hendrik School) Jakarta.
Pada tahun 1921, Mohammad Hatta menuju Belanda untuk menuntut ilmu di Sekolah Tinggi Ekonomi (Handels Hogere Schools) di Rotterdam. Mohammad Hatta kemudian terlibat dalam pergerakan nasional dengan memasuki Jong Sumatranen Bond (JBS) dengan menjadi bendahara, menjadi Ketua Perhimpunan Indonesia (PI) di Belanda selama 4 tahun berturut-turut. Karena kegiatan politiknya dianggap membahayakan pemerintah Belanda.

Mohammad Hatta ditangkap pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1942 dan dibuang ke Boven Digul, Irian Barat. Ia gres dibebaskan sesudah Jepang masuk dan menduduki Indonesia.

 la bersekolah di Hollandsche Inlandsche School  Tentang Drs. Moh. Hatta Wapres Indonesia Pertama
Moh. Hatta Wapres Indonesia Pertama
Puncak karier politik Mohammad Hatta terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945 saat ia bersama Ir. Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Sehari kemudian, 18 Agustus 1945, Mohammad Hatta dilantik menjadi wakil presiden.
Dengan hati dan pikiran jernih Mohammad Hatta mendapati tugas wakil presiden tidak terlalu berfungsi dalam UUD 1950 sampai dengan kejujuran dan keberaniannya ia menyatakan mundur dari jabatan Wapres pada tanggal 1 Desember 1956.

Baca Juga :   Sekilas Perihal Sudharmono, S.H

Baca juga : Bung Hatta dan Bung Karno sang Dwitunggal

Mohammad Hatta wafat di Jakarta pada tanggal 14 Maret 1980. Jenazahnya dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan.