Fisiografi Negara Irak

Posted on
Irak yakni sebuah republik di Asia Barat daya, berbatasan dengan Turki (utara), Iran (timur), Arab Saudi dan Kuwait (selatan), Arab Saudi, Yordania, dan Suriah (barat). Luas negara Irak kurang lebih 438.317 km persegi. Jumlah penduduk pada tahun 1989 mencapai 17.610.000 dengan kepadatan 40/km persegi. Agama Islam (95,8%), Katolik (3,5%), lain-lain (0,7%. Bahasa: Arab, Ibu kota: Baghdad. dengan Satuan mata uang Dinar Irak (ID).
Wilayah Irak sanggup dibagi-bagi berdasarkan keadaan ekologi dan geografi. Pertama, delta Eufrat – Trigis, yang datar dan sangat luas, dengan ukuran 725 x 275 km. Delta ini terletak di Teluk Persia yang mendapat lumpur aluvium dari Pegunungan Anatolia dan Pegunungan Zagros.
Sungai Eufrat-Trigis mempunyai catatan sejarah dunia, silahkan baca selengkapnya di artikel: 6 kerajaan masa peradaban Lembah Sungai Eufrat dan Tigris
Daerah delta ini mencapai ketinggian 90 m dan meliputi kira-kira sepertiga dari seluruh wilayah Irak dengan tiga perempat penduduk yang ada di Provinsi Diyala, Baghdad, Wasit, Maysan, Al-Basra, Karbala, Al-Qadisiyah, dan Dhi Qar.
Daerah Delta tersebut di atas diapit oleh dataran gurun-stepa yang secara berangsur-angsur naik hingga pada ketinggian 300 m di ujung barat. Daerah ini terbentang ke arah utara melintasi Sungai Eufrat hingga mendekati tepi Sungai Tigris dan Jabal Sinjar. Sebagian besar gurun di Irak tidak mempunyai kota atau desa, meliputi dua provinsi khusus, yaitu gurun utara dan gurun selatan.
 Irak yakni sebuah republik di Asia Barat daya Fisiografi Negara Irak
Sungai Eufrat sungai terpanjang di Asia bab Barat yang merupakan sumber mata air utama di Anatolia, Turki, yang bermuara di Teluk Persia. Sungai Eufrat mempunyai panjang kurang lebih 2,781 kilometer atau sekitar 1,730 mil.
Daerah perbukitan Kirkuk, Irbil dan Mosul sangat terperinci berbeda dari dataran gurun-stepa. Daerah ini sanggup menikmati curah hujan yang lebih banyak (mencapai 355 atau 381 mm per tahun), ekspresi dominan cuek yang lebih dingin, ekspresi dominan panas yang lebih sejuk, dan pemandangan alam yang lebih menarik.
Meskipun tidak ditumbuhi pepohonan , daerah ini masih sanggup menghasilkan biji-bijian secara melimpah dan menjadi tempat penggembalaan.
Daerah Kurdi di Irak bab utara sangat cuek selama ekspresi dominan dingin. Daerah ini kaya akan flora pegunungan. Di sini sanggup dijumpai banyak kebun yang bertingkat-tingkat, desa di lereng bukit, sungai kecil dan padang rumput yang tertutup salju pada waktu ekspresi dominan dingin.
Suku-suku bangsa yang beternak di sini sebagian hidup menggembala, melewatkan waktu di tanah rendah selama ekspresi dominan dingin, lalu berpindah ke tanah tinggi selama ekspresi dominan panas. Daerah ini mempunyai tradisi, bahasa, geologi, ekonomi dan kehidupan yang berbeda sama sekali dengan daerah suku-suku bangsa lain di negeri ini, sehingga pemerintah menghadapi kesulitan untuk mengendalikannya.
NEgara Irak terletak di antara dua daerah vegetasi, yaitu daerah vegetasi pegunungan Iran-Turki dan daerah vegetasi gurun Saharo-Sindi. Daerah yang paling kekurangan air ditumbuhi flora lahan kering, sedang di daerah tanah rendah yang mempunyai banyak sungai, kanal, dan rawa-rawa, sepanjang tahun tumbuh banyak sekali jenis rumput-rumputan, bulrush (Juncus sp), poplar, dan willow (Salix sp).
Di utara daerah gurun, semak=semak stepa sanggup tumbuh sepanjang ekspresi dominan panas. Tumbuhan stepa ini semakin lebat di dataran Assyiria dan bukit-bukit daerah Kurdi, sedangkan daerah dengan ketinggian 600 – 1.800 m di gunung-gunung daerah Kurdi tertutup oleh hutan ek.
Banyak hewan langka yang telah punah dari negeri Irak. Tetapi jakal, hyna tikus gurun dan kelinci gurun masih sanggup ditemukan. Di sekitar sungai-sungai besar hidup banyak sekali jenis ular dan kadal.

Baca Juga :   Sejarah Negara Myanmar Lengkap

Baca juga: Sejarah Penduduk Negara Irak