Sejarah Negara Oman Lengkap

Posted on
Pada permulaan masa ke-16, Portugis, menduduki Oman, tetapi kemudian berhasil diusir pada pertengahan masa ke-17. Dinasti yang memerintah negeri ini hingga kini mulai berkuasa pada tahun 1749. Maka Oman boleh disebut negara otonom tertua di Arab, kendati Inggris cukup besar lengan berkuasa di negeri ini semenjak masa ke-19 dalam bidang perdagangan dan pertambangan.
Pada tahun 1955 dan 1957, sejumlah pemimpin Islam mengadakan perlawanan, tetapi perjuangan ini tidak berhasil menggulingkan sultan. Pemberontakan yang terjadi di tempat Dhofar dengan santunan R.R. Cina dan Yaman Selatan pada pertengahan tahun 1960-an juga berhasil dipadamkan pada tahun 1975.
Kini negeri ini diperintah oleh Sultan Qabus bin Said (sejak tahun 1970), yang berkuasa sesudah menggulingkan ayahnya sendiri, Sultan Said bin Taimur.
OMAN, kesultanan di cuilan tenggara Semenanjung Arab; berbatasan dengan Selat Hormuz dan Teluk Oman (utara), Laut Arab (timur dan selatan), Republik Demokrasi Rakyat Yaman (barat daya), Arab Saudi (barat) dan Uni Emirat Arab (barat bahari dan utara). Luas: 300.000 km2. Penduduk: 1.389.000 (1989). Kepadatan penduduk: 4 ,6/km2. Agama: Islam (86%); Hindu (13%); lainlain (1%). Bahasa: Arab. Ibu kota: Muskat. Satuan mata uang: Rial Oman (RO).

 tetapi kemudian berhasil diusir pada pertengahan masa ke Sejarah Negara Oman Lengkap
Peta letak negara Oman

Fisiografi
Wilayah negeri Oman terdiri dari gurun, wadi berbatu-batu (lembah-lembah kering), oase, semak-belukar, dan pegunungan yang berbatu-batu dan tandus. Negeri ini juga meliputi P. Masirah dan Kep. KhuryanMuryan (Kuria-Muria) di lepas pantai Dhofar. Di cuilan utara, sejajar dengan pantai Teluk Oman, membujur Pegunungan Al-Akhdar, yang mencapai ketinggian 2.980 m. 

Baca Juga :   Sejarah Perekonomian Korea Selatan
 tetapi kemudian berhasil diusir pada pertengahan masa ke Sejarah Negara Oman Lengkap
Suasana Pasar di Provinsi Dhofar, sebelah barat daya negara Oman.

Negeri ini merupakan salah satu negara yang paling keras iklimnya di dunia. Di kota Muskat sendiri kelembaban dan suhu udara amat tinggi. Di tempat pedalaman, di perbatasan Gurun Rub-al-Khali “Daerah Kosong” atau Gurun Arab Besar, suhu udara sanggup mencapai 50°C.
Hanya di tempat pantai yang menghadap ke arah tenggara udara terasa agak sejuk Dan hanya tempat pegununganlah yang menerima curah hujan lebih dari 125 mm per tahun. Meskipun demikian, jika turun hujan, airnya turun secara mendadak dan sangat lebat, seolah-olah tumpah dari langit.
Pohon kurma sanggup tumbuh subur di negeri Oman, terutama di Dataran Batina. Penduduk juga membudidayakan pelbagai buah-buahan dan padi-padian, tetapi beras, materi pangan pokok, harus diimpor. Di tempat pegunungan sanggup ditemukan pelbagai jenis hewan buruan. Unta dari Oman populer sebagai unta paling unggul di Semenanjung Arab.
Penduduk
Sebagian besar penduduk Oman hidup di tempat pegunungan dan pantai cuilan utara dan di tempat Salalah. Daerah-daerah yang terletak di antara daerah-daerah tersebut dihuni oleh suku-suku pengembara yang memelihara unta pacuan yang paling baik di Semenanjung Arab. Sebagian dari suku-suku bangsa yang paling primitif di Timur Tengah hidup di Wilayah Dhofar, negeri kemenyan dan mur (damar).
Mayoritas penduduk yaitu orang Arab. Di daerah-daerah pantai, 50 persen penduduknya terdiri dari orang India, Baluchi, Iran, dan Negro. Industri minyak dan perkembangan negeri ini menjadikan pemerintah mendatangkan tenaga-tenaga hebat dari negara-negara Barat, terutama dari Inggris.
Oman yaitu negara Islam. Penduduk yang beragama Islam (86%) sebagian besar menganut pedoman Ibadit, dan hanya sebagian kecil menganut pedoman Sunni.
Pendidikan masih dalam tahap berkembang. Meskipun demikian, dalam tahun 1985-1986 sudah ada 351 sekolah dasar dengan 177.685 murid dan 290 sekolah lanjutan dengan 48.828 murid; sedangkan yang berguru di luar negeri ada 2.316 mahasiswa.
Pemerintahan
Sebagai sebuah kesultanan, Oman dikepalai oleh seorang sultan, yang memegang kekuasaan dalam bidang eksekutif, legislatif dan yudikatif. Dalam menjalankan roda pemerintahan, sultan dibantu oleh sejumlah menteri yang memimpin departemen. Di samping itu, sultan dibantu oleh sebuah tubuh penasihat yang beranggotakan 55 orang, tetapi semua anggota tubuh ini merupakan pilihan sultan sendiri.
Sebanyak 3.700 orang tentara ajaib bertugas di Oman, sementara negeri ini sendiri mempunyai tentara sebanyak 21.500 orang (angkatan darat 77%, angkatan bahari 9%, dan angkatan udara 14%).

Baca Juga :   Sejarah Negara Turki
 tetapi kemudian berhasil diusir pada pertengahan masa ke Sejarah Negara Oman Lengkap
Bendera negara Oman

 tetapi kemudian berhasil diusir pada pertengahan masa ke Sejarah Negara Oman Lengkap
Lambang negara Oman

Ekonomi
Pertanian sangat terbatas jawaban kurangnya sumber air untuk irigasi. Tetapi di mana saja permukaan tanah terjangkau oleh air (terutama di tempat utara), di situ tanah menjadi daerah-daerah pertanian yang sangat subur. Dataran pantai Batina populer dengan kurmanya; sedangkan buah-buahan dan padi-padian ditanam di tanah pertanian di lereng-lereng sekitar Pegunungan Al-Akhdar.

Meskipun demikian, hari depan negeri ini terletak pada hasil minyak dari Fuhud dan Natih, yang disalurkan melalui pipa ke Mina-al-Fahal (dekat Matrah) untuk diekspor.

Pendapatan dari minyak dimanfaatkan untuk banyak proyek, dari proyek Port Qabus (pelabuhan gres lembap dalam) hingga proyek perumahan, kesehatan, pendidikan, dan transportasi.
Barang impornya terdiri dari alat-alat transpor, barang-barang produksi pabrik, materi makanan, dan produk-produk minyak bumi, dengan sumber utama Uni Emirat Arab, Jepang dan Inggris; sedangkan barang ekspor berupa minyak mentah, ikan, tembaga, buah-buahan dan sayur-sayuran, diekspor terutama ke Jepang, Uni Emirat Arab, dan negara-negara Arab lainnya.

Baca Juga :   Sejarah Pemerintahan Dan Ekonomi Negara Kampuchea
 tetapi kemudian berhasil diusir pada pertengahan masa ke Sejarah Negara Oman Lengkap
Pipa minyak untuk mengalirkan minyak mentah dari tempat penambangan ke Mina-al-Fahal untuk selanjutnya diekspor. Pada latar depan tampak unta Oman yang populer sebagai unta paling unggul di Semenanjung Arab.

Transportasi di Oman belum begitu maju. Di negeri ini sama sekali tidak ada jalan kereta api. Panjang jalan rayanya mencapai 21.000 km lebih, tetapi di antaranya gres sekitar 15 persen yang sudah diaspal. Matrah telah dibangun menjadi sebuah kota pelabuhan modern. Penerbangan dalam negeri secara teratur menghubungkan enam kota utama di negeri ini. Bandar udara internasionalnya terdapat di Muskat.

Baca juga: Sejarah Negara Pakistan