Bendera Laos 3 Warna

Posted on
Bendera Laos didesain memakai tiga garis horizontal, bab atas berwarna merah, tengah berwarna biru, di bab paling bawah berwarna merah. Tepat pada bab tengah terdapat bulat warna putih.
Bendera nasional Laos diadopsi pertama kali tahun 1945, ketika itu salah satu negara anggota ASEAN dipimpin oleh Lao Issara 1945-46, lalu oleh Pathet Lao. Bendera tersebut termasuk salah satu bendera negara komunis ketika ini (selain Kuba) yang tidak memakai simbolisme komunis apapun pada bendera nasional dan satu-satunya negara komunis ketika ini yang tidak memakai bintang berujung lima di bendera sebagai lambang.
Bendera ketika ini diadopsi pada tanggal 2 Desember 1975 ketika menjadi negara sosialis. Di bawah ini yaitu gambar bendera Laos:
 Bendera Laos didesain memakai tiga garis horizontal Bendera Laos 3 Warna
Bendera Negara Laos
Sejarah Bendera Laos
Bendera Laos yang dipakai ketika ini didesain tahun 1945 oleh Maha Sila Viravong, seorang nasionalis Laos yang terkenal, intelektual, dan sarjana tradisional sastra, sejarah, dan budaya Laos.
Maha Sila Viravong termasuk sebagai salah satu anggota dari pemerintah Lao Issara, yang ditugaskan untuk menciptakan bendera gres yang berbeda dari bendera royalis (bendera merah dengan putih gajah berkepala tiga) yang telah menjadi bendera monarki Luang Prabang. Seperti yang telah inspirasikan Thailand yang ditahun 1917 mengadopsi bendera merah-putih-biru sebagai bendera nasionalnya daripada memakai bendera royalis tradisional (bendera merah dengan gajah putih).
Sesuai dengan pembentukan pemerintah Lao Issara dan konstitusi Laos pertamanya pada 12 Oktober 1945 bendera Viravong ini diadopsi oleh pemerintah gres sebagai bendera nasional hingga pengambilalihan Perancis pada tahun 1946. Lao Issara, sebagai gerakan politik, lanjut untuk memakai bendera di pengasingan hingga pembubarannya pada tahun 1949.
Penggantinya yang dipimpin oleh komunis, Pathet Lao, memakai kembali bendera Viravong untuk mewakili gerakan hingga jatuhnya pemerintahan kerajaan pada tahun 1975 Ketika Pathet Lao mengadopsi kembali bendera itu sebagai bendera nasional.
Dari 1952 hingga jatuhnya pemerintahan kerajaan pada tahun 1975 negara mempunyai bendera merah, dengan putih gajah berkepala tiga (mewakili yang kuasa Hindu Erawan) di tengah. Di atas gajah yaitu payung lipat-sembilan, sementara gajah bangkit di atas bantalan lima tingkat. Gajah putih yaitu simbol kerajaan umum di Asia Tenggara, terutama di Thailand dan Laos. Bendera ini diadopsi oleh monarki kerajaan Luang Phrabang semenjak Awal era ke-20 di bawah kekuasaan Perancis, terinspirasi oleh bendera yang serupa (bendera merah dengan gajah putih tunggal) di Thailand pada waktu itu.
Untuk mengetahui lebih jauh mengenai negara Laos, silahkan baca: 
Baca Juga :   Bendera Thailand 3 Warna