Daftar Negara-Negara Di Asia Barat / Timur Tengah

Posted on
Asia Barat atau Asia Barat Daya yaitu wilayah bab sebelah barat benua Asia, terdiri dari negara-negara wilayah Timur Tengah dan Timur Dekat yang berada di benua Asia. Istilah “Asia Barat” lebih sering dipakai dalam goresan pena mengenai arkeologi dan masa prasejarah daerah itu.
Para andal geografi terusik dengan ambiguitas istilah “Timur Tengah” yang lebih terkenal daripada “Asia Barat”. Negara menyerupai India lebih suka memakai istilah “Asia Barat”, kemungkinan alasannya yaitu istilah “Timur Tengah” lebih Keeropaan atau Eurosentris. Namun ada kalangan yang menganggap Timur Tengah juga mencakup negara-negara di Afrika Utara atau paling tidak negara Mesir saja.
Sejarah Timur Tengah
Peradaban-peradaban terawal di dunia berkembang di Asia Barat. Selama hampir tiga millennia, wilayah ini telah disatukan di bawah satu atau dua negara kuat; setiap satunya mewarisi yang sebelumnya, di beberapa ketika merupakan sistem kerakyatan dengan basis barat maupun timur. Negara-negara utama menyerupai ini yaitu Kekaisaran Asiria Baru, Kekaisaran Babilonia Baru, Kekaisaran Akhemeniyah, Dua Kerajaan Yahudi kuno (Israel-Yehuda), Kekaisaran Seleukia, Kekaisaran Parthia, Kekaisaran Sasaniyah, Kekaisaran Romawi Timur, Kekhalifahan Umayyah, Kekhalifahan Abbasiyah, Dinasti Safawiyah, Dinasti Afsharidiyah dan Kesultanan Utsmaniyah.
Geografi
Asia Barat terletak di selatan Eropa Timur. Wilayah ini dikelilingi tujuh maritim utama; Laut Aegea, Laut Hitam, Laut Kaspia,[1] Teluk Persia,[2] Laut Arab, Laut Merah, dan Laut Tengah.
Ke utara, wilayah ini dibatasi dari Eropa oleh pegunungan Kaukasus Besar, ke barat daya, wilayah ini dibatasi dari Afrika oleh Tanah genting Suez, sementara ke timur, wilayah ini berbatasan dengan Asia Tengah dan Asia Selatan. Gurun Dasht-e Kavir dan Dasht-e Lut di Iran timur secara alami agak membatasi wilayah ini dari keseluruhan Asia sendiri.
Berbagai negara dan wilayah yang termasuk dalam Asia Barat adalah:
1.      Turki
2.      Arab Saudi           
3.      Bahrain
4.      Kuwait
5.      Oman
6.      Qatar
7.      Uni Emirat Arab
8.      Yaman
9.      Armenia
10.    Azerbaijan
11.    Georgia
12.    Irak
13.    Israel        
14.    Lebanon
15.    Suriah
16.    Yordania  
17.    Iran          
18.    Siprus
19.    Mesir
Notes:
1 Termasuk Trakia timur yang bukan merupakan bab dari Anatolia.
2 Hanya mencakup Semenanjung Sinai.
Anatolia, Jazirah Arab, Levant (Syam), dan Mesopotamia yaitu bab dari wilayah Asia Barat.
Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Asia_Barat

Baca Juga :   Gambar Peta Atlas Provinsi Ntb (Nusa Tenggara Barat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *